DanaRupiah Gandeng Call Center Adakan Pelatihan Khusus Collector

Jakarta, MetroNTB.com – Tahun 2018 ini, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) selaku lembaga tertinggi yang mengawasi kegiatan perusahaan yang bergerak di bidang Fintech mengeluarkan kebijakan terkait prosedur penagihan.

Komisaris PT Layanan Keuangan Berbagi, Entjik S Djafar menegaskan, merespon hal tersebut, DanaRupiah bekerjasama dengan konsultan profesional bertanggung jawab kepada perusahaan kolektor untuk melakukan pelatihan tata cara kerja kolektor yang baik dan profesional.

“Hingga saat ini, DanaRupiah telah melakukan lebih dari 20 kali pertemuan pelatihan kolektor dengan jumlah peserta melebihi 200 orang,” tegas Entjik

Ia mengatakan, DanaRupiah percaya bahwa kolektor sebenarnya adalah layanan profesional, baik dari sisi tata cara berbicara atau secara psikologi.

Saat peminjam sedang memiliki masalah hidup yang serius seperti sakit atau kecelakaan, faktor-faktor ini bisa menyebabkan peminjam tidak dapat melakukan pelunasan tepat waktu karena adanya kesulitan keuangan.

“Kolektor yang profesional juga harus bisa menganalisa situasi peminjam dan memberi solusi dengan cara mengurangi bunga dan denda pinjaman, atau menggunakan nasehat perencanaan keuangan untuk membantu peminjam melakukan pelunasan secara bertahap,” terang Entjik

Salah satu contoh, lanjutnya adalah pada saat praktek penagihan dilakukan. Kolektor sering menemukan, peminjam pada dasarnya adalah peminjam yang baik tetapi dikarenakan sedang mengalami kesulitan keuangan, maka pembayaran menjadi terlambat/macet.

“Banyak kasus dimana kolektor tidak menganalisa dengan baik dan pada saat melakukan penagihan, mereka melakukan penagihan secara intens sehingga menyebabkan kehilangan banyak pelanggan. Oleh karena itu, untuk mencapai tata cara penagihan yang professional dan beretika, kami telah melatih staff kolektor dengan kompetensi yang profesional,” terangnya

Dikatannya, DanaRupiah sebagai platform P2P Lending profesional di Indonesia, memimpin industri fintech dengan ide-ide inovatif dan menggunakan prinsip big data yang dapat mengendalikan risiko dengan sangat ketat, efisien serta tata cara kolektor yang baik dan profesional.

“DanaRupiah turut aktif berbagi informasi pelatihan dan sumber daya kepada organisasi fintech P2P lending dan juga perusahaan kolektor. Sehingga dapat membangun tingkat perkembangan yang lebih baik, agar dapat menjadikan Desk Collection sebagai layanan yang profesional dan bisa dipercaya,” tuturnya

Dikatannya, diperkokoh oleh pengalaman di bidang fintech bertahun-tahun, DanaRupiah telah mempertahankan peran antara debitur dan kreditur untuk menjadi solusi finansial yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Jadi, kolektor juga harus memiliki pelayanan yang profesional dan terpercaya. Hal tersebut akan sangat berguna untuk melayani debitur dan kreditur, dengan menjamin kepentingan debitur yang tidak merusak hak debitur dan menjamin kepentingan kreditur juga,” kata Entjik

Selain itu, DanaRupiah telah berkomitmen untuk berkontribusi lewat kegiatan amal untuk korban bencana alam di Indonesia, seperti bencana alam gempa bumi di Lombok dan tsunami yang melanda kota Palu.

“DanaRupiah dengan sigap mengirim perwakilan anggota untuk menyerahkan bantuan dana dan kebutuhan sehari-hari yang diperlukan,” tandasnya

Selain itu, DanaRupiah juga bekerja sama dengan berbagai organisasi keagamaan yang bertujuan untuk memberikan sumbangan dana pendidikan kepada anak tidak mampu, yatim piatu dan orang berkebutuhan khusus.

“Berkomitmen untuk membantu lebih banyak masyarakat yang membutuhkan pertolongan, seperti penyiapan dana khusus untuk membantu masyarakat dan juga memenuhi kesejahteraan dan keperluan publik,” cetusnya

Pihaknya berharap melalui serangkaian pelatihan, seluruh pelayanan kolektor yang ada di industri fintech dapat melakukan penagihan secara professional dan beretika.

Seluruh training dan workshop yang pernah DanaRupiah lakukan adalah langkah-langkah perbaikan dan kontribusi DanaRupiah terhadap industri fintech supaya bisa menjadi industri yang bermanfaat bagi masyarakat dan bisa dipercaya.

“Kami berharap melalui seluruh pembenahan ini, dapat memberikan keahlian khusus kepada seluruh Desk Collection di bidang fintech dan memberikan sertifikasi professional kepada seluruh Desk Collection yang bekerja sama dengan DanaRupiah,” pungkasnya (Hs/Mn)

Rate this post