Hindari Kebiasaan Ini: Resiko Duduk Terlalu Lama

Pemerintah akhirnya memperbolehkan para karyawan dapat bekerja secara langsung di kantor. Namun, dengan syarat kapasitas karyawan sebanyak 50% saja. Aturan ini pun tetap diperketat dengan protokol kesehatan yang masih berlaku. Bekerja langsung dari kantor maupun bekerja di rumah, keduanya sama saja, yang terpenting semua pekerjaan dikerjakan dengan benar dan selesai. Tetapi perlu diingat juga bahwa saat bekerja dan tubuh kita terlalu lama duduk, dapat menyebabkan banyak komplikasi kesehatan. Seperti contohnya penyakit diabetes, penyakit jantung, dan kanker. Selain itu dapat meningkatkan tekanan darah, lemak, gula darah, dan kadar kolesterol. Untuk menghindari hal tersebut, simak beberapa tips berikut untuk menghindari gejala komplikasi kesehatan:

1.  Sempatkan Waktu untuk Berdiri dan Berjalan

Saat kalian sedang bekerja di rumah atau pun di kantor, sempatkanlah untuk beristirahat sejenak, berdiri sebentar untuk meregangkan otot-otot yang tegang selama bekerja. Kalian juga bisa pergi berjalan sebentar atau pun sekedar ke toilet. Karena terlalu lama duduk dan mata menatap layar computer terlalu lama juga tidak baik untuk kesehatan. Setidaknya lakukan setiap 3 sampai 4 jam sekali untuk sekedar beranjak dari tempat duduk.

2.  Lakukan Gerakan Peregangan

Jika tugas dan pekerjaan kalian di kantor tidak bisa ditinggal pergi, luangkanlah waktu sekitar 3 sampai 5 menit saja untuk melakukan peregangan pada tubuh kalian. Pergerakan ini bisa dilakukan di tempat duduk kalian. Lakukanlah peregangan dengan menaikkan kedua tangan ke atas dan gerakan ke kanan dan ke kiri. Lalu lanjutkan dengan pergerakkan badan bagian pundak ke pinggang kemudian putar ke kanan dan ke kiri. Lakukan gerakan sederhana ini

3.  Pilihlah untuk Berdiri saat di Kendaraan Umum

Bagi Danalovers yang masih dalam usia produktif, jika kalian pergi dan pulang bekerja menggunakan kendaraan umum, pilihlah untuk berdiri dibandingkan duduk. Hal ini berlaku untuk kalian yang bekerja di kantor terlalu lama duduk, ya. Namun, jika kalian bekerja lebih banyak berdiri, tidak ada salahnya juga untuk memilih duduk dibandingkan berdiri di dalam kendaraan umum, loh. Setidaknya saat bekerja harus lebih banyak bergerak dibandingkan hanya duduk diam saja, ya.

Beberapa tips di atas bisa menjadi referensi kalian untuk menghindari komplikasi kesehatan. Karena faktanya terlalu lama duduk bisa menyebabkan kematian mencapai 50%. Jangan sampai kita terkena penyakit tersebut. Karena biaya perawatan rumah sakit sangatlah mahal. Setidaknya kalian memiliki simpanan darurat untuk membayar biaya rumah sakit tersebut, atau bisa juga mengandalkan DanaRupiah sebagai pilihan utama dana darurat kalian. Karena bunga kredit pinjamannya sangatlah murah dan prosesnya pun cepat. Jadi tidak perlu khawatir lagi mengenai biaya darurat, serahkan saja kepada DanaRupiah. Semoga kita semua bisa sehat-sehat selalu dan terhindar dari segala penyakit ya, Danalovers. 

Rate this post