Cara Mudah Mengatur Pengeluaran Bagi Ibu Rumah Tangga

Seorang ibu rumah tangga memiliki peranan yang penting di dalam keluarga. Terutama bagi ibu rumah tangga yang sepenuhnya mengurus semua kebutuhan keluarga, mulai dari mengurus anak, membereskan rumah, sampai mengatur uang bulanan. Walaupun semua urusan rumah tangga tersebut bisa dibagi tugas dengan sang suami saat sedang di rumah, namun, ada kalanya ketika suami sedang bekerja, tentunya peranan tersebut dilakukan oleh sang istri terlebih dahulu. Menjadi full time housewife atau ibu rumah tangga sepenuhnya memang tidak mudah. Apalagi ketika suami memberikan uang bulanannya dan meminta istri yang mengelola keuangan tersebut. Bagaimana caranya mengelola uang bulanan tersebut dengan bijak? Berikut tips dari DanaRupiah yang bisa menjadi masukan bagi kalian para ibu rumah tangga:

1.  Pisahkan Uang untuk Keperluan Bayar Bulanan

Saat suami memberikan uang bulanannya, ada baiknya sebagai istri yang dipercaya untuk mengatur keuangan, segera sisihkan sebagian uang tersebut untuk pembayaran kebutuhan bulanan. Seperti membayar listrik, membayar tagihan air, iuran komplek, bayaran sekolah anak, dan lainnya. Pisahkan uang untuk bayaran bulanan satu per satu berdasarkan kebutuhannya.

2.  Manfaatkan Promo dan Diskon Belanja

Salah satu cara menghemat yang biasa dilakukan oleh ibu rumah tangga yaitu memanfaatkan momen promo dan diskon belanja besar-besaran. Tentu saja tujuan utamanya yaitu untuk menghemat pengeluaran belanja bulanan. Selalu update dengan memantau promo harian melalui e-commerce ataupun brosur diskon dari supermarket.

3.  Belanja Bulanan Terjadwal

Pastikan selalu mencatat kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan sebelum berbelanja. Hal ini dilakukan untuk menghindari belanja dadakan yang justru mengakibatkan pengeluaran tidak terkontrol. Setidaknya jika kita sudah mencatat dan memperkirakan harga barang belanjaan yang akan kita beli, pastinya akan lebih menghemat pengeluaran.

4.  Sisihkan untuk Tabungan dan Investasi

Saat uang bulanan baru diberikan oleh suami, selain menyisihkan uang untuk keperluan bulanan, kita juga perlu menyisihkan sebagian uangnya untuk tabungan dan investasi. Setidaknya 30% dari uang yang diberikan, langsung ditabung. Uang yang ditabung, bisa untuk keperluan jangka pendek, seperti renovasi rumah, untuk berlibur, dan lain sebagainya. Selain menabung, melakukan investasi juga sangat diperlukan. Mengingat kebutuhan di masa depan yang akan semakin banyak. Investasi ini bisa berupa pembelian Emas, Reksadana, Obligasi, atau pun Saham.

5.  Siapkan Dana Darurat

Menyisihkan uang bulanan untuk dana darurat sangatlah penting. Karena kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadinya besok mau pun kedepannya. Keadaan darurat yang tidak bisa kita hindari ini, bisa menjadi mimpi buruk jika kita tidak dapat mengatasinya. Maka dari itu, jika kita dihadapkan pada situasi yang tidak terduga, kita bisa mengandalkan DanaRupiah sebagai alternatif pinjaman uang yang cepat, terpercaya, dan aman. DanaRupiah tentunya bisa meringankan beban kita, dengan bunga kredit yang sangat rendah dan tenor pengembalian uang yang cukup lama, akan sangat membantu di saat-saat darurat.

Itulah beberapa tips dari DanaRupiah mengenai pengelolaan uang bagi ibu rumah tangga. Semoga tips ini bisa membantu para ibu rumah tangga yang berjuang mengurus keluarga. Semangat terus untuk para ibu!

5/5 - (1 vote)