Mana yang Lebih Penting: Beli Rumah atau Kendaraan Terlebih Dahulu?

Semakin bertambahnya umur, semakin banyak pula ekspektasi dan keinginan kita. Terlebih lagi ketika kita sudah bekerja dan mendapatkan penghasilan. Tentunya setiap bulan sehabis mendapatkan upah, kita sisihkan sebagian uangnya untuk ditabung. Impian dan fokus pencapaian beberapa orang bisa berbeda-beda. Ada yang ingin memiliki kendaraan pribadi untuk menunjang mobilitasya ketika bekerja. Ada juga yang memiliki impian untuk memiliki rumah pribadi di usia muda. Namun, sebenarnya manakah yang lebih penting? Membeli rumah dulu atau kendaraan?

Jawabannya tergantung kebutuhan dan prioritas kalian saat ini. Karena hal ini sering menjadi perdebatan, ketika seseorang memutuskan untuk membeli aset berharga untuk mereka sendiri. Satu hal yang perlu diingat bahwa, belilah aset berharga sesuai dengan kemampuan kalian, bukan karena gengsi atau tekanan dari orang-orang sekitar yang hanya memberatkanmu saja, tanpa tahu kondisi keuanganmu yang sebenarnya ya, Danalovers. Kalian juga perlu membagi pengeluaran sehari-hari kalian dengan cicilan untuk membeli aset tersebut.

Untuk meringankan beban cicilan per bulannya sebenarnya cukup mudah, kamu hanya perlu membayar uang muka atau down payment (DP) lebih besar. Jangan mengambil opsi pembayaran DP yang lebih kecil, karena beban cicilannya akan semakin tinggi. Lebih baik mengambil opsi pembayaran sedikit lebih mahal, namun biaya cicilan per bulannya rendah. Maka dari itu, diperlukan niat dan konsistensi saat menabung untuk membayar DP tersebut. Apapun pilihan aset yang mau kalian beli, entah itu rumah atau kendaraan, usahakan bayar DP-nya lebih besar ya.

Pastikan juga biaya cicilan untuk membeli aset per bulannya, tidak melebihi 30% dari pendapatan kalian. Karena itu hanya akan memberatkan kalian saja nantinya. Kecuali kamu sudah memiliki tabungan dan dana darurat sebelum memutuskan untuk membeli aset. Jika kalian belum memilikinya, bisa mengandalkan DanaRUpiah sebagai jalan ninja kalian, nih. Karena pinjaman uang dari DanaRupiah, selain untuk keperluan darurat, bisa juga digunakan untuk keperluan sehari-hari. Tentunya dengan bunga kredit yang sangat rendah, kamu tidak perlu khawatir lagi. Opsi bank untuk pembayarannya pun juga sudah banyak, jadi lebih cepat dan mudah pastinya. 

Rate this post