Lebih Baik Terlambat daripada Tidak Sama Sekali

Di era pandemi saat ini, sangat sulit bagi kita untuk memisahkan antara uang untuk keperluan sehari-hari dan untuk tabungan. Apalagi bagi kita yang sama-sama masih menjadi karyawan dan disaat gajian tiba ternyata banyak yang perlu dibayarkan. Pasalnya, pengeluaran kita harus lebih sedikit dibandingkan pendapatan kita, setidaknya agar sisanya bisa ditabung. Namun, pada kenyataannya pengeluaran kita terkadang bisa melebihi pendapatan kita sendiri. Bagi kalian yang sampai saat ini masih sulit menabung, dikarenakan uang yang lebih sering terpakai, kalian bisa simak beberapa tips dari Danarupiah tentang tata cara singkat menabung untuk pemula.

1. Buatlah Tabungan Terpisah

Buatlah tabungan terpisah dari pemakaian sehari-hari kalian. Selain mempermudah pembagian uang, hal ini akan menghindari kalian dari uang cepat habis dan berantakan. Selain itu, tabungan terpisah juga mempermudah kalian dalam mengelola keuangan di awal. Pastikan saat menerima gajian, sebagian dari pendapatan kalian langsung dimasukkan ke dalam tabungan terpisah.

2. Buatlah Tabungan tanpa Internet Banking

Ketika kalian membuat tabungan baru dan memutuskan untuk tidak menggunakan internet banking, maka intensitas kalian menjadi berkurang, terutama untuk mentransfer ataupun memakai uang tersebut. Karena kita perlu pergi mencari-cari ATM di luar untuk melakukan transaksi tersebut.

3. Hitung dan Catat Pengeluaran Beserta Pemasukan

Bagi kalian yang sedang menjalankan bisinis, menghitung jumlah pemasukan dan pengeluaran sangatlah diperlukan. Jadi, kalian akan lebih mudah mengatur berapa pengeluaran yang harus dihabiskan. Berbeda halnya bagi kamu yang menerima gaji tiap bulannya. Kamu akan lebih mudah mengatur dan mencatat pengeluaran dan pemasukan, karena uang yang masuk tiap bulannya akan sama.

4. Gunakan metode 50% – 30% – 20%

Metode ini sering digunakan untuk mempermudah kalian dalam menyisihkan uang. Pendapatan yang kalian terima setiap bulannya bisa diatur dengan menyisihkan 50% untuk kebutuhan sehari-hari, lalu sisihkan 30% untuk menabung, dan sisanya 20% untuk keinginan atau bisa kalian sisihkan juga untuk dana darurat. Namun, jika dirasa dana darurat yang sudah dikumpulkan masih kurang, kamu bisa mengajukan pinjaman dengan DanaRupiah. Karena dengan bunga kredit yang rendah, serta pencairan yang cepat, jadi kalian tidak perlu khawatir lagi jika dihadapkan pada situasi tidak terduga.

Yuk, kita mulai sama-sama menabung. Karena manfaatnya tidak hanya untuk keperluan jangka pendek saja, melainkan untuk

Rate this post