Pentingnya Berinvestasi Sejak Dini

“Seberapa penting sih sebenarnya investasi itu buat kita? Mulai umur berapa sebaiknya kita mulai berinvestasi? Kalau penghasilannya sedikit, apa bisa buat investasi juga?” itulah beberapa contoh pertanyaan yang sering dilontarkan, ketika seseorang ingin memulai investasi. Mulailah dari belajar mengatur keuangan bulanan, dengan menyisihkan sebagian 20% dari pendapatanmu. Dengan begitu, kamu akan terbiasa berinvestasi. Ada banyak jenis-jenis investasi yang bisa diterapkan, yaitu logam mulia, property, saham, reksadana, obligasi, dan lain sebagainya.

Investasi sangatlah penting untuk kebutuhan jangka panjang, apalagi ketika kamu sudah memperoleh penghasilan sendiri. Kamu bisa mulai berinvestasi sekarang, berapa pun nominalnya. Karena semakin awal dan sering kamu berinvestasi, maka dampak keuntungannya bisa kamu nikmati lebih cepat. Berikut manfaat dalam berinvestasi sejak dini:

1. Nominal Investasi Jauh Lebih Banyak

Semakin muda kamu berinvestasi, semakin banyak juga penghasilan yang akan didapat. Contohnya, saat ini usiamu 22 tahun dan baru mulai bekerja. Lalu kamu menyisihkan uang sebesar Rp1.000.000 untuk investasimu. Di usia 30 tahun, kamu akan memiliki investasi sebesar Rp100 juta atau lebih dari itu, tergantung kamu menaikkan jumlah investasimu atau tidak. Berbanding terbalik ketika kamu baru mau memulai investasi di usia 40 tahun, walaupun nominal uang yang diinvestasikan lebih besar, namun hasil yang didapat jauh lebih besar dari mereka yang memulai di usia 20an.

2. Impian dan Keinginan Terwujud Lebih Cepat

Setiap individu memiliki mimpi dan tujuan yang berbeda-beda. Ada yang ingin memiliki rumah, punya kendaraan pribadi, Umroh bersama keluarga, menikah, atau bahkan memiliki usaha yang sukses. Semua keinginan tersebut bisa terwujud dengan mulai menabung. Jika dirasa uang tabunganmu kurang cukup untuk mendapatkan yang kamu inginkan, kamu bisa menambahkan kekurangannya dengan mengajukan pinjaman di DanaRupiah. Selain bunganya yang rendah dan bisa dicicil sesuai kemampuanmu, proses pendaftarannya pun juga cepat. Jadi, kamu bisa lebih cepat untuk mewujudkan impianmu.

3. Belajar Mengatur Keuangan Secara Mandiri

Ketika kita sudah terbiasa untuk berinvestasi, maka selanjutnya kita akan mampu bertanggung jawab dalam mengelola pengeluaran kita sendiri. Dengan begitu, keuanganmu juga bisa lebih stabil, dibandingkan dengan mereka yang terbiasa menghambur-hamburkan pendapatannya. Tentunya dengan terus belajar memilah dan mengalokasikan dengan benar kebutuhanmu. Seiring dengan bertambahnya usia, kamu akan paham, mana yang benar-benar kebutuhan premier, dan mana yang hanya keinginan semata.

Tetapi sah-sah saja jika kamu baru mau memulai investasi di usia 30an atau lebih. Semua perjalanan hidup masing-masing individu berbeda-beda. Namun, satu hal yang perlu diingat, terapkanlah kebiasaan baik untuk menabung sedikit demi sedikit. Semangat terus untuk menabung ya, DanaLovers.

Rate this post